Sabtu, Juli 6
Shadow

IMIGRASI CILACAP OPTIMALKAN PENGAWASAN ORANG ASING DENGAN OPERASI JAGRATARA

Tim sedang melaksanakan tugas di Banyumas. (Foto: Dok Imigrasi Cilacap)

Selarasindo.com – Meningkatkan keamanan pada Hari Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, serta menghadapi Pemilu 2024 mendatang, Kantor Imigrasi Cilacap menggelar Operasi Jagratara.

Operasi ini dikhususkan untuk melakukan pengawasan orang asing, dan operasi dilaksanakan secara serentak dan langsung dikendalikan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi kepada seluruh jajaran di seluruh Indonesia pada tanggal 27-28 Desember 2023.

Operasi ini merupakan usaha pemerintah dalam meningkatkan pengawasan terhadap orang asing yang berada di wilayah Indonesia, agar dapat terjaga dengan baik. Juga sebagai bentuk untuk memastikan keamanan dan ketertiban keimigrasian di Indonesia, khususnya di wilayah kerja Kantor Imigrasi Cilacap.

Kepala Kantor Imigrasi Cilacap, Mohamad Taufik Sulaeman mengatakan, Tim Inteldakim Jagratara Imigrasi Cilacap menjalankan kegiatan ini dengan penuh koordinasi dan sinergi antara pihak berwenang.

“Operasi ini mencakup pemantauan ketat terhadap aktivitas orang asing, pengecekan dokumen keimigrasian, dan pemeriksaan terhadap keberadaan orang asing yang mungkin tidak memenuhi persyaratan hukum yang berlaku,” kata Taufik.

Menurut Taufik, dalam persiapan kegiatan ini, pihaknya mencari informasi dan koordinasi terkait warga negara asing ataupun warga indonesia yang sudah beralih status menjadi WNA yang disinyalir mempunyai Kartu Tanda Penduduk Indonesia.

Target pertama, tim mendatangi kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto untuk melakukan pengawasan terhadap mahasiswa dan mahasiswi dari luar negeri yang mungkin melakukan perayaan Natal dan Tahun Baru bersama di lingkungan kampus.

Tim melakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian terhadap WNA dan pengamatan pada setiap kegiatan mereka.

“Setelah mengunjungi Unsoed, tim melakukan koordinasi dengan Kesbangpol Banyumas terkait pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru 2024,” imbuh Taufik.

Dengan Operasi Jagratara ini, Taufik berharap Indonesia dapat menjaga kedaulatannya, serta memberikan perlindungan yang optimal terhadap masyarakat, sambil tetap memastikan keberlangsungan harmonisasi dan kerukunan di tengah-tengah keberagaman. (est/sh).

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.